space

1. Apakah HeatGard dapat menghemat biaya penggunaan listrik?

JAWAB: Menurut penelitian, dalam pemakaian AC jika suhu udara ruangan turun 1 derajat Celcius maka biaya listrik akan naik sebesar 6%-10%, demikian pula sebaliknya (www.multicleanindonesia.com). Dengan HeatGard temperatur udara di dalam ruangan dapat berkurang hingga 3-5ºC (lihat grafik).

tabel suhu

Jika diambil rata-ratanya, maka penurunan temperature rumah HeatGard rata-rata adalah 1.5ºC. Maka dengan HeatGard kita dapat menghemat listrik hingga 15%.

Besarnya penghematan biaya listrik per bulan dapat disimulasikan sebagai berikut: Berdasar Tarif Dasar Listrik (TDL) menurut www.pln.co.id:

  • Golongan R1 (< 2200 VA), 1 kWh = Rp 320,- untuk pemakaian sampai dengan 20 kWh
  • Golongan R2 (2200 VA – 6600 VA), 1 kWh = Rp 575,-
  • Golongan R3 (>6600 VA), 1 kWh = Rp 621,-

Jika, dalam 1 rumah dengan 2 lantai (1 keluarga kecil dengan 2 anak) minimal terdapat 4 AC ( 2 AC = 1,5 PK untuk kamar utama dan ruang tamu lalu 2 AC = 1 PK untuk kamar anak anak) jadi total AC = 5 PK, daya listrik = 3750 watt, dengan pemakaian rata-rata 12 jam per hari. Maka biaya AC yang harus dikeluarkan setiap bulan:

> Kembali ke Arsip FAQ

2. Bagaimana peranan HeatGard sebagai produk ramah lingkungan terhadap pelestarian lingkungan?

JAWAB: Secara tidak langsung, penggunaan HeatGard dapat memperlambat kenaikan temperatur bumi akibat efek rumah kaca. Dengan HeatGard, penggunaan listrik untuk AC dapat berkurang 15%, dengan mengambil contoh no. 1, maka listrik yang dihemat selama sebulan untuk 1 buah AC berdaya 750 watt (1 PK) sebesar: 0,15 x 0,75 kWh x 12 x 30 = 40,5 kWh

Koefisien emisi CO2 di Indonesia menurut IPPC (1998) = 781,2621 gram/kWh
40,5 kWh x 781,2621 gr/kWh = 31.641 g = 31,641 kg CO2.

Karbondioksida (CO2) adalah gas terbanyak (75%) penyumbang emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, yaitu kejadian terperangkapnya radiasi gelombang panjang matahari (disebut juga gelombang panas / inframerah) yang dipancarkan bumi oleh gas-gas rumah kaca (efek rumah kaca adalah istilah untuk panas yang terperangkap di dalam atmosfer bumi dan tidak bisa menyebar).

> Kembali ke Arsip FAQ

3. Bagaimana cara kerja HeatGard sehingga dapat membuat temperatur ruangan lebih dingin dibandingkan tanpa HeatGard?

JAWAB: HeatGard diformulasikan khusus sehingga dapat merefleksikan panas dari sinar IR matahari sehingga tidak semua panas yang datang masuk ke dalam substrat (atap atau dinding berbahan beton atau metal) karena sebagian akan dipantulkan.

Panas yang tidak dipantulkan masih akan dikurangi lagi karena HeatGard juga memiliki sifat sebagai insulator panas (konduktivitas panas HeatGard = 0.1 W/m.K), sehingga panas yang terserap ke dalam ruangan benar – benar sudah diminimalkan.

Perbedaan temperatur permukaan bagian luar substrat antara yang memakai HeatGard dan tanpa HeatGard bisa mencapai 10 – 15 ºC. Sedangkan, temperatur ruangan dapat turun 1 – 5 ºC . (Tergantung ketebalan lapisan HeatGard, sirkulasi udara dan suhu udara luar)

> Kembali ke Arsip FAQ

4. Berapa lama daya tahan HeatGard?

JAWAB: Selama HeatGard melekat kuat di atas substrat maka efektifitas HeatGard terhadap panas dan sebagai anti bocor tetap terjamin. Untuk mendapatkan daya lekat yang maksimal, harap perhatikan cara pakai yang tercantum pada kemasan.

> Kembali ke Arsip FAQ

5. Apakah Heatgard dapat diencerkan dengan air?

JAWAB: HeatGard merupakan produk yang siap pakai, sehingga untuk hasil yang terbaik JANGAN diencerkan dengan air.

> Kembali ke Arsip FAQ

6. Apakah HeatGard dapat diaplikasikan di atas polycarbonate?

JAWAB: HeatGard dapat diaplikasikan di atas polycarbonate. Pastikan permukaan yang akan diaplikasi bebas dari kotoran dan lumut.

> Kembali ke Arsip FAQ

7. Apakah di atas HeatGard dapat dicat menggunakan cat biasa?

JAWAB: Di atas HeatGard sebaiknya tidak perlu dicat lagi dengan cat tembok karena jika di atas HeatGard dicat lagi dengan cat tembok terutama cat tembok dengan warna yang lebih gelap dapat menyebabkan efektifitas penolak panas HeatGard berkurang. HeatGard sudah memiliki 3 pilihan warna (putih, abu, cream) yang menarik.

> Kembali ke Arsip FAQ

8. Apakah tembok/substrat lain yang sudah dilapisi dapat langsung diaplikasi dengan Heatgard?

JAWAB: Jika pelapis yang digunakan adalah Aquaproof, cukup pastikan masih melekat sempurna dan permukaannya bersih dari debu dan kotoran lainnya, HeatGard dapat langsung diaplikasikan di atas Aquaproof.

Jika pelapis yang digunakan adalah cat tembok, cat tembok tersebut harus dikupas terlebih dahulu untuk memastikan HeatGard dapat melekat sempurna pada tembok/substrat.

Untuk atap metal/galvanish yang sudah dilapisi dengan cat yang memiliki daya lekat yang baik bisa langsung dilapisi dengan HeatGard setelah dibersihkan dari karat maupun kotoran lainnya.

> Kembali ke Arsip FAQ